Feeds:
Pos
Komentar

iseng2 create usb live dari lucid untuk maverick eh koq ada err pas booting, tanya ke hasilnya cuma memodifikasi file syslinux.cfg pada direktory /syslinux pada usb setelah proses create usb startup disk selesai

rubah “ui gfxboot bootlogo”
menjadi
“gfxboot bootlogo”

´╗┐save dan coba boot lagi, :p

Iklan

lama gak ketik-ketik dengan php, bingung pake editor apa coba2 ini itu tertarik dengan eclipse-pdt langsung aja yak install, ketik2 di terminal.

sudo add-apt-repository ppa:yogarine/eclipse/ubuntu
sudo apt-get update
sudo apt-get install eclipse-pdt

cling2 kelar dah..
untuk source ada di http://www.eclipse.org/pdt/downloads/ ada juga mirror indonesia agar lebih cepet donglotnya.

´╗┐

kill defunct proses !!

defunct proses adalah proses yang menjadi rusak sedemikian rupa yang tidak dapat berkomunikasi lagi dengan parent atau child proses. jadi harus meng”kill” parent dan child proses.
untuk melihat parent ato child gunakan

ps -ef –forest | less

kemudian ahiri dengan kill -9 <PID>

^^

yaw yaw yaw… ada acara menarik ne…cangkrukan bareng klas d Intiland tower.. singkatnya ini acara bulanan klas untuk temu oplen antara pecinta gnu/linux d surabaya

lucid release party

jangan lupa datang yah…

Media Transmisi

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya. Dikategorikan menjadi guided dan unguided.

Guided media media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel.

Ada 4 tipe untuk Guided Media :

  1. Twisted pair cable. kabel pasangan berpilin terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi lektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP),dan crosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan. Ada dua macam Twisted Pair Cable, yaitu kabel STP dan UTP. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) Kabel ini berisi dua pasang kabel (empat kabel) yang setiap pasang dipilin. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Kabel ini berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya dipilin (twisted).
  2. Open Wire. Digunakan untuk distribusi listrik tidak ounya perindungan terhadap gangguan noise, pada komunikasi data hanya dapat digunakan untuk komunikasi data bila jaraknya kurang dri 20 ft.(6,1m).
    Lanjut Baca »

grub2 recovery dan menambah menu

grub 2 merupakan boot loader default manager untuk ubuntu 9.10 dan merupakan turunan dr GRand Unified Bootloader. tidak ada /boot/grub/menu.lst. digantikan oleh /boot/grub/grub.cfg. tidak ada /find boot/grub/stage1 pada grub prompt.
jika grub2 tertimpa misal hilang karena menginstall sistem operasi yg tdk mendukung grub2 dapat di recovery dengan langakah1 berikut:

1. jalankan/boot ubuntu 9.10 live cd. masuk ke mode coba ubuntu tanpa instalasi

2. buka nautilus. cari partisi yg telah terinstal ubuntu sebelumnya.

3. copikan isi text based location pada bar nautilus (ctrl+l) copy directory partisi ubuntu. misal : /media/1ef1628e-0c15-4464-a8b8-7e169022b3e8

4. Buka terminal dan ketikkan perintah

$sudo grub-install –root-directory=/media/1ef1628e-0c15-4464-a8b8-7e169022b3e8 /dev/sda

5. Selesai dan reboot ubuntunya
Lanjut Baca »

Universally Unique Identifier

UUID ini merupakan nomor unik untuk partisi harddisk Anda.
untuk melihatnya dengan perintah

#blkid

hasilnya
/dev/sda3: UUID=”D83A57EE3A57C7E0″ LABEL=”data” TYPE=”ntfs”
/dev/sda5: UUID=”1ef1628e-0c15-4464-a8b8-7e169022b3e8″ TYPE=”ext4″
/dev/sda6: TYPE=”swap”
/dev/sda7: LABEL=”rahasia” UUID=”821df5cc-dfbb-489f-9ae7-142b75017982″ SEC_TYPE=”ext2″ TYPE=”ext3″